Tahukah Anda Tiram Dapat Merubah Jenis Kelaminnya

Tiram adalah makhluk laut invertebrata, yang berarti mereka tidak memiliki tulang belakang. Tiram dapat menghasilkan mutiara.

Mutiara akan terbentuk jika ada benda asing, seringkali berupa sebutir pasir, masuk ke dalam cangkang tiram ini. Objek ini mengganggu tiram, membuat tiram menghasilkan zat yang disebut nacre, yang merupakan campuran kalsium dan protein. Seiring waktu, nacre terus berproses dan beberapa tahun kemudian, mutiara terbentuk.

Tahukah Anda bahwa tiram dapat berubah kelamin setiap 7 hari namun apabila hal tersebut dilakukan maka beresiko mengganggu psikologinya?

Semua tiram memiliki jenis kelamin, yang berarti bisa berupa pejantan atau betina. Uniknya, tiram dapat mengubah kelamin mereka.

Sekitar 90 persen dari semua tiram di bawah umur satu tahun adalah pejantan, namun sekitar 80 persen dari tiram yang berumur lebih dari satu tahun adalah betina.

Di alam liar, tiram dapat hidup selama sekitar 20 tahun atau lebih, sehingga mereka bisa mengubah jenis kelamin mereka bolak-balik beberapa kali selama hidup mereka.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Haskin Shellfish Research Department tidak dapat memastikan apakah penyebab perubahan jenis kelamin ini dikarenakan unsur lingkungan atau genetik.